Selasa, 24 Mei 2011

Bisnis Kuliner

Berkuliner ria sungguh menyenangkan. Bisa menyantap berbagai menu masakan setiap harinya dengan berbagai variasi benar-benar sesuatu hal yang menyenangkan hati sebagian orang. Namun satu hal yang patut diingat seorang muslim bahwasanya dalam kita menyantap makanan, Islam telah memberikan kita contoh bagaimanakah adab yang harus dilakukan. Dengan melakukan adab ini, acara santap makan yang awalnya sekedar untuk mengenyangkan perut dan menguatkan badan, tentu akan lebih bertambah berkah (barokah). Kebaikan yang banyak akan diperoleh saat itu karena merutinkan adab dalam makan ini. Ditambah lagi ia akan lepas dari gangguan musuhnya yaitu setan ketika ia menyantap secuil makanan.
Apa sajakah adab-adab makan yang diajarkan oleh Islam? Berikut beberapa adab di anataranya:
Pertama: Mengucapkan tasmiyah, Kedua: Makan dengan tangan kanan, Ketiga: Tidak makan yang di hadapan orang lain (ketika makan dalam satu nampan), Keempat: Makan dari sisi luar (pinggir), tidak dari tengah, Kelima: Tidak makan dalam keadaan bersandar, Keenam: Tidak menjelek-jelekkan makanan yang tidak disukai,
Ketujuh…..
FIKIH KONTEMPORER: Awas! Lemak Babi Di Makanan Anda.
Makanan dan minuman adalah kebutuhan primer setiap insan. Islam menghalalkan makan dan minum dari hal-hal yang baik, berguna bagi kesehatan fisik dan juga rohani.  Tidaklah ada makanan atau minuman yang diharamkan dalam syari’at, melainkan mengandung madharat yang melebihi manfaatnya. Wajar bila Allah Ta’ala menamakan setiap makanan yang haram dengan sebutan al khabaits, yaitu sesuatu yang buruk, atau menjijikkan.
Keharaman babi telah digariskan dalam Al Qur’an sejak dahulu kala “Diharamkan atas kalian untuk memakan bangkai dan daging babi.” (QS: Al Maidah 3). Banyak orang memahami bahwa alasan diharamkanya babi karena daging babi mengandung cacing pita. Dan konon cacing pita bisa mati bila dipanaskan hingga derajat tertentu, sehingga tidak membahayakan. Adanya pemahaman ini, mendasari sebagian orang untuk menyoal keharaman daging babi. Mereka beranggapan bahwa keharaman daging babi sudah sepantasnya dianulir; karena terbuti alasan haramnya dapat ditanggulangi. Terlebih lagi babi memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi.  Dimulai dari biaya pembiaannya yang begitu mudah dan murah,

Ketahuilah saudaraku, adanya manfaat pada suatu hal tidak serta-merta menjadikannya halal. “Jalan menuju surga diselimuti dengan hal-hal yang tidak menyenangkan, dan sebaliknya jalan neraka diselimuti oleh kesenangan.” (HR Muslim). Selain itu hal buruk lainnya yang dapat diungkap adalah: Menularkan Karakter Buruk Babi, Membawa Berbagai Macam Bakteri dab virus Biang Berbagai Penyakit seperti virus H5N1 yang sangat berbahaya.
FIKIH MUAMALAH: Kriteria Makanan Haram (1)
Agama Islam adalah agama yang sangat sempurna, komprehensif mudah syariatnya. Di dalam Al-Quran Al-Karim Allah Ta’ala memerintahkan seluruh hamba-Nya yang beriman dan yang kafir agar mereka makan makanan yang baik lagi halal, sebagaimana firman-Nya (yang artinya), “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi.” (QS. Al-Baqarah: 168). Dan firman-Nya pula, “Hai orang-orang yang beriman, makanlah yang baik dari yang telah Kami rizkikan kepadamu.” (QS. Al-Baqarah: 172).
Dalam islam hukum asal segala sesuatu adalah halal kecuali jika ada dalil yang mengharamkannya.
Kaidah ini disimpulkan oleh para ulama dari beberapa ayat Al-Qur’an, di antaranya firman Allah (yang artinya), “Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu”. (QS. Al-Baqarah: 29). Maka semua makanan yang tidak ada pengharamannya dalam syari’at Islam berarti hukumnya adalah halal sepanjang tidak menimbulkan mudharat kepada dirinya.
Beberapa makanan yang diharamkan dalam islam adalah:  Darah (QS. Al-An’am: 145), Daging dan zat berasaldari Babi (QS. Al-Baqarah: 173), 3. Khamar (minuman keras) (QS. Al-Ma`idah: 90). Semua Binatang Buas Yang Bertaring, Semua Jenis Burung Yang Bercakar, Yang Dengan Cakarnya Ia Mencengkeram Atau Menyerang Mangsanya.
BISNIS SYARIAH: Mengenal  Akad Mudharabah
Akad Mudharabah menurut ulama fikih “Suatu akad serikat dagang antara kedua belah pihak.  Pihak pertama sebagai pemodal sedangkan pihak kedua sebagai pelaksana usaha. Dan keuntungan yang diperoleh dibagi antara mereka berdua dalam prosentase yang telah disepakati antara keduanya.”
Akad mudharabah adalah salah satu hal yang mendatangkan manfaat dan tidak mendatangkan kerugian atau manfaatnya lebih besar dibandingkan dengan madharatnya. Dan tidak diragukan lagi bahwa mudharabah adalah salah satu bentuk perniagaan yang didasari oleh azas suka sama suka. Di antara dalil-dalil umum yang dapat menjadi dasar hukum akad mudhrabah adalah : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku suka sama suka di antara  kamu .“ (QS. An- Nisaa : 29)
Imam Al Mawardi asy-Syafi’i berkata,” Dan di antara dalil dihalalkannya adalah firman Allah Ta’ala “Bukanlah suatu dosa atasmu untuk mencari karunia dari Rabbmu, dan tidak diragukan lagi bahwa Al-Qiraadh adalah salah satu upaya untuk mencari karunia dari Allah dan mencari  keuntungan” (Al-Hawi Al-Kabir, oleh Al-Mawardi, 7/306)
Di antara hadist Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang dapat menjadi dasar akad mudharabah adalah hadist Abdullah bin Umar : Bahwasanya Nabi Muhammadshallallahu ‘alaihi wa sallam menyerahkan kepada bangsa Yahudi Khaibar kebun kurma dan ladang daerah Khaibar, agar mereka yang menggarapnya dengan biaya dari mereka sendiri dengan perjanjian, Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mendapatkan separuh dari hasil panennya. (Muttafaqun’alaih)
KONSULTASI SYARIAH: Pemotongan Ayam Modern
PERTANTAAN: Dalam berbisnis Rumah Makan kadang ada beberapa bahan baku yang diambil dari import dan local. Di beberapa tempat, penyuplai daging asal luar negeri tersebut mengklaim bahwa produk mereka halal , karena di potong oleh orang islam dan dengan cara islami. Namun masih ada yang mengganjal dalam hati saya sebagai konsumen, karena ternyata ada salah satu Rumah Potong di negara tersebut yang memotong hewan ternak seperti Ayam menggunakan teknologi mesin pemotong otomatis.
Kemudian mesin ini dikerjakan oleh 1 muslim. Jadi mekanismenya, teknisi muslim tersebut sebelum memencet tombol potong membaca basmalah kemudian ayamnya terpotong secara otomatis sebanyak lebih 100 ekor terpotong dalam sekali bacaan. Jadi 1 orang teknisi memotong sekaligus dalam 1 kali bacaan dengan menekan tombol pemotong dan bukan motong  satu per satu dengan membaca basmalah. Pertanyaan saya apakah hal tersebut diatas termasuk dibolehkan oleh syariat islam ? karena saya pernah mendengar ada beberapa ulama yang membolehkan tersebut dan ada yang melarangnya. Mohon penjelasan dari ustadz.
JAWABAN: Tidak dipungkiri lagi banyaknya daging import yang beredar disekitar kita. Alhamdulillah para ulama sudah memperhatikan hal ini dan memeriksa kehalalannya. Sebab menurut survei yang ada masih ada penyimpangan dan tidak ada amanah dan kejujuran pada para eksportir, walaupun mereka mengklaim dalam tulisannya “disembelih sesuai syari”at”. Syarat penyembelihan yang sesuai syariat adalah: Penyembelih berakal, alat penyembelihan harus tajam, Memutus tenggorokan dan kerongkongan serta salah satu otot waried yang ada dileher, mebaca bismillah, dan niat karena Allah ta’ala.
KAJIAN KITA: Makanan Halal dan Hidup Bahagia
Rizki yang halal adalah bekal dan sekaligus pengobar semangat anda untuk beramal shaleh. Simaklah firman Allah berikut: “Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan: (QS: Al Mukminun: 51). Ibnu Katsir menyatakan: Allah Ta’ala pada ayat ini memerintahkan para rasul ‘alaihimussalaam agar makan makanan halal, dan beramal shaleh. Penyandingan dua perintah ini adalah isyarat bahwa makanan halal adalah pembangkit amal shaleh.” (Tafsir Ibnu Katsir 5/477, & Adwaa’ul Bayan 5/339).
Bila selama ini anda merasa malas, dan berat untuk beramal? Alangkah baiknya bila anda  mengoreksi kembali makanan dan minuman anda. Jangan-jangan ada yang perlu ditinjau ulang. Nabi bersabda: “Sesungguhnya yang baik tidaklah mendatangkan kecuali kebaikan,namun benarkah harta benda itu kebaikan yang sejati?” (HR. Muttafaqun ‘alaih). Dan tahukah anda, apa akibatnya bila anda telah terperangkap jaring-jaring setan, sehingga membuntuti jejak-jejak setan? Temukan jawabannya pada firman Allah Ta’ala berikut:“Sesungguhnya setan itu menyuruhmu mengerjakan perbuatan jahat, keji dan berdusta. Mengatakan sesuatu terhadap Allah yang tidak engkau ketahui. (QS Al Baqarah: 169)
BENING HATI: Istiqmah Berbisnis Syari’ah
Persaingan bisnis saat ini sudah tidak sehat, bahkan ada yang berani berkata jangankan mencari yang halal yang haram saja susah dapatnya. Mereka tidak lagi memperhatikan usaha apa yang harus ia rintis halal atau haramkah usaha tersebut . Seorang pengusaha muslim harus mempunyai keyakinan dan keinginan yang kuat, untuk mencari usaha yang halal sehingga rezekinya diberkahi Allah. Namun untuk istiqomah melakukan bisnis yang halal saat ini memang tidak mudah karena kita terbentur dengan system dan peluang tapi bukan berarti tidak bisa asalkan kita  mempunyai  kemauan keras dan memohon taufik serta rahmat dari Allah.  Tanpa taufik dan rahmat dari Allah manusia makhluk yang lemah tidak akan mampu istiqomah mencari yang halal ditengah komunitas yang jauh dari syariah.
Kiat pertama bekal seorang muslim istiqamah di bisnis syariah adalah: Mengenali Tabiat kehidupan Dunia. Kedua: Seluruh kekayaan Anda milik Allah dan akan kembali kepada-Nya, Allah berfirman: “Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah datangnya.(An Nahl:53). Ketiga: Yakin Terhadap Balasan Istiqamah. Keempat: Membaca al-Qur’an, Dzikir dan Doa
TIPS: Cara Mengurus Hak Paten
Paten menurut undang-undang nomor 14 tahun 2001 tentang Paten, adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya.
Secara umum, ada tiga kategori besar mengenai subjek yang dapat dipatenkan: proses, mesin, dan barang yang diproduksi dan digunakan. Proses mencakup algoritma, metode bisnis, sebagian besar perangkat lunak (software), teknik medis, teknik olahraga dan semacamnya. Mesin mencakup alat dan aparatus. Barang yang diproduksi mencakup perangkat mekanik, perangkat elektronik dan komposisi materi seperti kimia,obat-obatan, DNA, RNA dan sebagainya.
Cara mengajukan permohonan paten dengan menggunakan formulir permohonan paten yang memuat : Tanggal, bulan dan tahun permohonan, alamat, judul invensi, klaim dll. Sedangkan Klaim yang dimaksudkan adalah: Menggambarkan inti invensi yang dimintakan perlindungan hukum, Uraian jelas didukung oleh deskripsi, Mengungkap semua keistimewaan teknik dalam invensi.
LAPORAN UTAMA: Tips Mengelola Bisnis Kuliner
Mengelola bisnis kuliner bukanlah hal yang mudah dan banyak tantangan yang harus kita lalui. Tak heran jika banyak pula pebisnis kuliner yang akhirnya gulung tikar karena tak mampu bersaing dengan rival-rival di dunia kuliner. Berikut strategi  mengelola bisnis kuliber :
Parking Lot Area. Tempat yang berpotensi mengundang khalayak untuk datang ke tempat Anda, tetapi perlu dipertimbangkan juga, apakah tempat Anda memiliki lahan parkir yang cukup luas dengan tempat yang mampu menampung cukup banyak pengunjung sekaligus, karena pada umumnya lahan parkir selalu menjadi masalah yang cukup pelik sampai saat ini.
Placement. Apakah Anda memilih daerah kampus, daerah anak sekolah atau perkantoran? Jika Anda membuka bisnis kuliner tentunya Anda harus mengikuti lahan di mana Anda mendirikan resto Anda. Jika memang terletak di daerah kampus, tentunya Anda harus mengikuti pangsa pasar Anda, para mahasiswa. Mereka cenderung memiliki passion pada makanan yang banyak, lezat, sehat, dan murah. Untuk itu Anda harus menyesuaikan jumlah porsi, serta harga yang pas untuk kantong mereka.
Kaka Takoyaki Java Japanese Food, Kuliner Jepang Bernuansa Islami
Salah satu usaha kuliner masakan Jepang yang unik dan prospektif di Indonesia saat ini adalah KaKa Takoyaki Java Japanese Food. KaKa Takoyaki adalah usaha kuliner yang mengusung konsep Jawa, Jepang bernuansa Islami. Nama-nama menu masakannya di pilih berdasarkan imajinasi yang di gambarkan dari icon seorang wanita dan lelaki muslim bernama Jepang yakni Kaguya (wanita) dan Kazuya (lelaki).
Sementara takoyaki  sendiri  merupakan nama makanan asal daerah Kansai di Jepang. Di daerah asalnya, makanan ini  berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3 hingga 5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya. Namun, Takoyaki bikinan Rani Krisna Mustikasari berbeda dengan Takoyaki khas Kansai.
Sebagai pemilik merek Kaka Takoyaki Java Japanese Food, Rani panggilan akrab Rani Krisna Mustikasari mampu melakukan inovasi produk sehingga panganan tersebut mempunyai rasa khas dan nilai jual. Melalui Kaka Takoyaki, Rani menggabungkan panganan berkonsep Jawa, Jepang, dan Islami . Mungkin Anda sulit membayangkan bagaimana rasa dan cara mengolah panganan tersebut, cara terbaik mengobati rasa penasaran Anda adalah mencoba mencicipinya.
KONSULTASI BISNIS: Prospek Bisnis  Jual Makanan Online
Bapak Tri Joko, saya adalah pengusaha kuliner yang tinggal di Medan.  Saat ini saya  mengelola sebuah rumah makan khas Medan, namun saya ingin mencoba bisnis makanan dan kuliner secara online. Nah bagaimana menurut Pak Tri Joko? apakah bisnis makanan secara online ini prospektif untuk saya jalankan?  Bagaimana kendalanya? Berapa banyak modalnya? Bagaimana cara membuat ROI –nya dan manajemen marketingnya? Saya mohon penjelasannya.
JAWABAN: Terimakasih Pak Ghozali atas pertanyaannya. Bapak termasuk orang yang jeli melihat perkembangan terkini mengenai bisnis kuliner dengan memanfaatkan media online. Era baru dalam bisnis kuliner telah dimulai. Suatu era bisnis kuliner yang mampu menawarkan inovasi baik dari aspek mutu produk maupun mutu layanan ke pelanggan. Era baru dalam bisnis kuliner ini didorong oleh perubahan gaya hidup dan kebutuhan manusia modern yang semakin dinamis dan variatif. Situasi demikian memunculkan peluang-peluang alternatif bisnis kuliner yang jika dikelola dengan kreatif akan menjadi bisnis kuliner yang kompetitif.
KONSULTASI KEUANGAN: Mengelola Keuangan Keluarga Secara Cerdas
Setiap rumah tangga muslim umumnya memiliki prinsip dasar dalam manajemen rumah tangga di mana suami berkewajiban mencari nafkah, sedangkan istri bertanggungjawab dalam mengatur urusan rumah tangga termasuk mengelola keuangan.
Tanggungjawab perempuan yang besar menuntut perempuan harus piawai dalam mengelola keuangan rumah tangganya. Maka sederetan persyaratan yang tidak ringan mutlak dipenuhi agar perempuan memiliki kualitas tinggi bidang pengelolaan uang, seperti perempuan tidak boleh boros, cerdas dalam pengeluaran, mampu membantu suami mendapatkan penghasilan, bisa menabung, serta mampu memberikan ilmu kecerdasan finansial pada anak. Apalagi sudah menjadi anggapan umum di masyarakat kalau rumah tangga yang gagal mengelola uang karena sang ibu tidak pintar mengatur keluangan rumah tangganya.
cerdas financial yaitu: Pertama, mampu mengatur pengeluaran secara bijak, Kedua, mampu menyusun anggaran rumah tangga, Ketiga, mampu menabung, Keempat mampu mencari penghasilan tambahan, Kelima, menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya.
TOPIK UTAMA: Kambing Bakar Cairo, Kuliner Khas Timur Tengah Non Kolestrol
Mendengar menu kambing, apalagi yang dibakar umumnya imaje masyarakat sudah langsung mengarah kepada kolestrol yang tinggi. Kolestrol ini didasarkan pada lemak asam linoleik pada daging yang akan meningkatkan kadar kolesterol. Pertanyaannya, apakah ada sajian menu kambing yang non kolesterol, tidak bau, dagingnya lembut serta lezat? Kambing Bakar Cairo jawabannya. Demikian ungkap Novel Chalid, pemilik Kambing Bakar Cairo, saat berbincang santai di kedainya Jalan Pelajar Pejuang 45 No 104 Bandung.
Senin sampai Kamis, Kedai Kambing Bakar Cairo bisa menghabiskan 16 ekor kambing. Ketika masuk hari Jumat sampai Ahad kedai ini bisa menghabiskan 30 ekor kambing dalam sehari. Apalagi ketika hari libur sekolahan bersamaan dengan akhir pekan, sehari bisa menghabiskan 40 sampai 50 ekor kambing.
Total omzetnya dari dua kedainya di hari-hari biasa mencapai Rp. 12 juta. Sedangkan di akhir pekan akan meningkat beberapa kali lipat.  Untuk membuka usaha kedai Kambing Bakar Cairo ini, Novel merogoh kocek sampai Rp 200 juta. Uang sejumlah itu dianggarkan untuk membeli perlengkapan kedai, menyewa tempat usaha, membayar rumah sewa pegawai, training pegawai hingga promosi.
TOPIK UTAMA: Bancakan, Rumah Makan Khas Sunda Suasana Tempo Dulu
Bancakan, rumah makan khas sunda yang satu ini menjadi tempat kuliner fenomenal di Kota Bandung. Anda yang hendak berkunjung ke rumah makan Bancakan ini akan disapa sesepuh yang mengenakan pakaian sunda, dengan cetok di kepala, baju hitam dan berselendangkan sarung. Sesepuh itu tak lain adalah Mang Barna atau yang biasa disapa Abah, sang pemilik rumah makan Bancakan. Ia selalu setia berdiri di depan pintu masuk dan selalu menyapa “aden” kepada para pelanggannya.
Tidak heran kalau jumlah pengunjung yang datang ke rumah makan ini sangat banyak, sekitar 800 sampai 1500 orang perharinya. Apalagi kalau menjelang libur panjang, jumlah yang datang bisa mencapai 2000 pengunjung dalam sehari. Sementara kapasitas duduk yang disediakan hanya menampung 200 orang.
Satu lagi yang menjadi keunikan Bancakan, ia tidak buka cabang di tempat lain. Mang Barna menilai dengan membuka cabang maka bisa menghancurkan rumah makan itu sendiri. Para pelanggan menjadi terpecah dan akhirnya bisa meninggalkan Bancakan.
LAPORAN UTAMA: Gudeg Mbarek Hj Amad, Gudeg Kering Cocok untuk Oleh-Oleh
Gudeg identik dengan Kota Yogyakarta. Makanan ini terbuat dari gori atau nangka muda yang dimasak dengan santan. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Lazimnya gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.
Gudeg Mbarek Hj  Amad, merupakan salah satu gudeg yang terkenal di Yogyakarta. Gudeg ini terletak di sebelah utara Gedung Pasat UGM, atau di utara Selokan Mataram Jalan Kaliurang. Gudeg ini menyajikan gudeg kering.  Gudeg ini dirintis oleh Bu Amad sekitar tahun 1950-an.
Sebelum berjaya seperti sekarang, sekitar tahun 1955 hingga 1960, Bu Amad yang nama aslinya adalah Ponikem berjualan gudeg gendongan dan menjualnya keliling kampung. Ia menjajakan gudegnya dengan cara digendong dari rumah ke rumah di sekitar kampung Mbarek. Namun jika sepi pembeli, iapun menjajakan dagangannya hingga Pasar Ngasem yang jaraknya relatif jauh.
LAPORAN UTAMA: Tengkleng Mbak Diah, Seni Menjual Cita Rasa
Gelar sarjana bukan ukuran untuk sukses. Bakdiah, pemilik sekaligus pengelola Tengkleng Mbak Diah, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah telah membuktikannya.  Berkat kepiawainnya  meracik bumbu, tengkleng bikinannya selalu ditunggu konsumennya karena cita rasanya yang khas.
Bakdiah hanya satu dari puluhan penjual tengkleng di Kota Solo, namun mengapa  tengkleng bikinannya mampu bertahan sejak  1940-an hingga kini. Setiap harinya, Bakdiah menghabiskan  daging , kepala, jeroan,ekor,  dan tulang kambing sekitar 200 kg.
Konsumen Tengkleng Mbak Diah tidak hanya datang dari Solo, namun Jawa Tengah, Surabaya,Malang,  Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan luar Jawa.  Buktinya selain menjadi langganan keluarga besar Almarhum Pak Harto, mantan presiden RI baik di Jakarta maupun Kalitan, Solo, Tengkleng Mbak Diah juga dilanggani sejumlah tokoh agama, politisi, dan artis ibukota misalnya Din Syamsudin, Ruhut Sitompul,  Andi Meriem Matalatta, Marini Sardi, Irwansyah, Kinaryosih, Julia Perez, dan Didi Petet.
LAPORAN UTAMA: Rujak Cingur Ibu Maryati, Membuat Ketagihan
Rasanya tidak lengkap melancong ke Surabaya tanpa mampir dan mencicipi rujak cingur Ibu Maryati yang melegenda di Jalan Jolotundo Nomor 57, Surabaya. Rujak cingur Ibu Maryati memang beda dengan rujak cingur lainnya yang ada di Surabaya.
”Yang membedakan dengan rujak cingur lainnya adalah petisnya. Jenis petis yang dipakai untuk bumbu rujak cingur adalah petis khusus.  Petis yang kami pakai ada dua jenis yaitu petis hitam yang khusus di datangkan dari Kota Sidoarjo, sedangkan petis satunya adalah petis merah dari Madura,” kata Maryati  tanpa rasa takut resepnya di ketahui orang lain.
Biasanya untuk  hari biasa omzet perhari bisa mencapai Rp. 1,3 juta sedangkan untuk hari libur omzetnya bisa mencapai Rp. 1,5 juta bahkan lebih, itu belum yang rujak pesanan. Satu porsi atau bungkus rujak cingur dijual Rp. 12.000,-. Selain rujak cingur menu yang di sajikan juga ada rujak rujak manis dan rujak tolet.

0 komentar:

Posting Komentar

.